License

Selamat membaca catatan ini, semoga dapat bermanfaat buat anda para pembaca.

Ciri - Ciri Perubahan Tubuh Pada Ibu Hamil Trimester 2

Jumat, 20 Mei 2011


Pada tiga bulan kedua pada masa kehamilan, perut anda akan mulai terlihat membesar. Biasanya pada trimester ini anda akan mulai merasakan kenyamanan akan kehamilan anda. Karena keluhan yang anda alami pada trimester pertama berangsur menghilang. Pada trimester ini perut anda masih belum terlalu besar, maka anda masih dapat beraktifitas dengan leluasa.
Ciri - Ciri Perubahan Tubuh Pada Masa Kehamilan Trimester 2 (13 - 28 minggu usia kehamilan), antara lain : 
Pertumbuhan Rambut
Rambut terkadang akan tumbuh pada tempat yang tidak diinginkan, seperti di wajah dan di perut. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, karena rambut ini akan hilang dengan sendirinya ketika bayi anda lahir.

Pusing
Pada trimester ini terkadang anda masih mengalami pusing. Hal ini terjadi ketika pembesaran rahim anda menekan pembuluh darah besar, sehingga tekanan darah menurun. Anda dapat mengatasinya dengan cara berpindah posisi secara perlahan dan bertahap.

Gusi dan Hidung Berdarah
Ibu hamil terkadang ada yang mengalami gusi dan hidung berdarah, hal ini terjadi karena peningkatan tekanan darah selama kehamilan. Disamping itu perubahan hormonal dapat menyebabkan sumbatan pada hidung. Jika anda mengalami hidung berdarah segera beristirahat dengan kepala diletakkan lebih tinggi. Anda dapat menyeka darah pada hidung denga tissu atau kain bersih.

Perubahan Kulit
Pada ibu hamil sering terlihat warna kecoklatan pada kulit wajah hal ini disebut chloasma gravidarum. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Pada ibu hamil sering terlihat garis kecoklatan mulai pusar (umbilicus) ke tulang kemaluan (os pubis) yang disebut linea nigra. Perubahan kulit juga terjadi pada payudara, perut, paha, dan pantat. Perubahan kulit tersebut berupa peregangan kulit yang sering disebut strie gravidarum atau strecth mark yang terjadi karena perubahan berat badan. Akibat peregangan kulit ini, anda biasanya akan mengalami sedikit gatal. Biasanya pada ibu setelah melahirkan, strie gravidarum ini akan menghilang dengan sendirinya. Pada beberapa orang strie gravidarum ini ada yang tidak menghilang setelah melahirkan. Masing - masing orang berbeda - beda. Namun anda tidak perlu khawatir, karena saat ini telah banyak dijual cream penghilang strie gravidarum di apotek.

Mendengkur
Pada ibu hamil sering mengalami peningkatan aliran darah yang menyebabkan sesak dan pembengkakan membran mukosa. Akibatnya anda akan mendengkur saat tidur.

Payudara
Terjadi perubahan payudara pada ibu hamil yaitu payudara akan bertambah besar dan puting serta areola akan semakin berwarna gelap dan besar. Pada trimester ini payudara ibu hamil akan mengeluarkan cairan yang berwarna kekuningan. Cairan ini disebut colustrum. Pada trimester ini, ibu hamil sudah dapat melakukan perawatan pada payudara.

Rasa Nyeri Pada Ulu hati
Pada ibu hamil terkadang mengalami nyeri pada ulu hati / perut bagian atas. Hal ini dikarenakan asam lambung yang mulai meningkat naik ke krongkongan. Rasa nyeri seperti ini dikarenakan peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi pada otot saluran cerna dan juga disebabkan karena pembesaran rahim yang mulai mendesak ke bagian atas perut. Akibat dari relaksasi otot saluran cerna adalah gerakan makanan menjadi lebih lambat dan nutrisi yang terserap lebih banyak. Jika anda mengalami nyeri ulu hati sebaiknya jangan makan dalam porsi besar sebelum tidur. Hindari makan makanan pedas, berminyak, dan berlemak. Pada saat menjelang tidur ada baiknya anda meninggikan posisi kepala, sehingga asam lambung tidak naik ke esophagus.

Perut Semakin Membesar
Pada usia kehamilan di atas 12 minggu rahim akan mulai membesar dan melewati rongga panggul. Pembesaran rahim akan bertambah 1cm setiap minggu. Pada ibu hamil usia 16 minggu pembesaran perut akan semakin terlihat. Pada usia kehamilan 24 minggu bagian teratas rahim akan setinggi pusar (umbilicus).

Merasakan Gerakan Janin
Pada usia kehamilan diatas 15 minggu anda akan mulai merasakan gerakan janin anda. awalnya akan terasa seperti sentuhan dari dalam, namun lambat laun gerakan janin akan semakin kuat seiring pertumbuhan janin anda. Pada ibu yang hamil untuk pertama kalinya sering kurang mengenali gerakan janinnya sampai usia kehamilan di atas 19 minggu. Biasanya pada usia kehamilan ini ibu akan merasakan pergerakan janinnya semakin terasa kuat.

Sakit Perut Bagian Bawah
Pada ibu hamil usia 18 - 24 minggu biasanya akan mengalami sakit pada perut bawah, terasa seperti ditarik dan terkadang seperti ditusuk. Nyeri tidak berlangsung lama, dan akan segera menghilang. Hal ini terjadi akibat peregangan ligamentum dan otot yang menyangga rahim yang semakin membesar. Jika anda mengalami hal ini, anda dapat duduk dan berbaring dengan posisi yang nyaman.

Buang Angin dan Sendawa
Pada trimester kedua ini anda akan mengalami buang angin dan sendawa pada saat yang tidak seharusnya. Hal ini normal dan banyak wanita yang mengalaminya. Hal ini dapat terjadi karena usus yang meregang, sehingga anda sering merasakan sedikit kembung. Jika anda mengalami hal ini ada baiknya jika anda makan makanan dalam porsi kecil dan sering, karena jika anda memakan makanan dalam porsi besar akan menyebabkan perut anda semakin tidak nyaman dan akan terasa kembung. Ada baiknya jika anda mulai menghindari makanan yang mengandung banyak gas, seperti cabe, jagung, bawang merah, kol, dll.

Pertumbuhan Kuku
Pada saat ini anda akan mengalami pertumbuhan kuku yang tumbuh semakin kuat karena perubahan hormonal.

Kram Pada Kaki
Pada saat kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami kram pada otot kaki yang disebabkan oleh perputaran sirkulasi darah yang lambat. Jika anda mengalami hal ini atasi dengan cara saat anda dalam posisi tidur naikkan kaki di atas bantal. Jadi posisi kaki lebih tinggi. Bila anda terkena kram saat duduk atau tidur ada baiknya jika anda menggerakkan jari - jari kaki ke atas dan ke bawah. Anda juga dapat mengkonsumsi kalsium setiap hari dengan meminum susu atau meminum tablet kalk setiap hari.

Pembengkakan
Pembengkakan meruapakan hala yang normal terjadi pada ibu hamil. Hal ini dapat terjadi karena perubahan hormonal yang menahan cairan. Pada trimester ini terkadang ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada bagian wajah, tangan, dan kaki. Hal ini dapat terjadi karena posisi duduk dan berdiri yang terlalu lama.

2 komentar:

Anonim at: 12 Agustus 2011 pukul 14.50 mengatakan...

thanx infonya, sempat kuatir sakit liver gara2 semenjak hamil 3 bln sering nyeri di ulu hati, sekarang lebih tenang

{ Khomsa K Maqsuroh } at: 12 September 2011 pukul 08.15 mengatakan...

iya, sama2. terima kasih sudah mampir di blog saya. semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

About Me

Foto Saya
Khomsa K Maqsuroh
Saya wanita biasa yang masih sangat fakir dalam berilmu.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

© 2010 Catatan Osha Meishin Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls