License

Selamat membaca catatan ini, semoga dapat bermanfaat buat anda para pembaca.

NUTRISI PENDUKUNG KEHAMILAN

Jumat, 20 Mei 2011
Kehamilan merupakan saat yang dinanti bagi pasangan yang telah menikah. Salah satu cara untuk mempercepat kehamilan yaitu dengan menjaga pola makan dan mencukupi kebutuhan gizi pada asupan makanan setiap hari. Asupan makanan yang berigizi dan bernutrisi optimal dapat membantu pembuahan dan perkembangan calon janin.

Jenis nutrisi yang dapat mendukung pembuahan antara lain :
  1. Vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kesuburan terutama bagi calon ayah. Vitamin C juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sangat bermanfaat bagi wanita untuk menjaga keseimbangan hormonal, meningkatkan fertilitas dan sistem imun dalam tubuh, serta membatu penyerapan zat besi. Vitamin C terdapat pada buah-buahan seperti : pepaya, kurma, jeruk, mangga, dll. Asupan vitamin C yang disarankan 500 -1000 mg per hari.
  2. Vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai salah satu antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin E maka kesehatan jaringan akan lebih terjaga sehingga tubuh akan berfungsi secara optimal. Dalam reproduksi, vitamin E berperan dalam melindungi membran sperma dari kerusakan akibat oksidasi. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan sperma yang menyebabkan ketidaksuburan. Vitamin E juga memiliki dampak postif pada wanita. Untuk hasil yang optimal, vitamin E dapat dikonsumsi bersama pasangan anda. Vitamin E terdapat pada kecambah, kedelai, hati, dll. Vitamin E juga tersedia di apotek. Asupan vitamin E yang disarankan adalah 400 UI per hari.
  3. Vitamin B. Vitamin B6 dapat meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin B12 dapat menambah dan meningkatkan kualitas sperma pria. Sumber vitamin B6 terdapat pada telur ayam, pisang, wortel, brokoli, beras merah, dll. Sedangkan sumber vitamin B12 terdapat pada hati, ikan, susu, dll. Asupan vitamin B6 yang dibutuhkan 1,3 mikrogram per hari dan vitamin B12 yang dibutuhkan 2,4 mikrogram per hari.
  4. Asam Folat. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan pada perkembangan otak calon janin. Asam folat terdapat pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, kacang kapri, asparagus, brokoli, asam folat bahkan tersedia dalam bentuk tablet yang dijual di apotek. Anda juga dapat mengkonsumsi asam folat dengan meminum susu ibu hamil (susu ibu hamil dapat diminum sebelum kehamilan).
  5. Zat Besi (Fe). Zat besi dapat meningkatkan sel darah merah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah anemia. Wanita yang mengalami anemia sering mengalami lemas, letih, dan lesu. Hal ini dapat mengganggu proses kehamilan. Zat besi terdapat pada daging merah (kambing, domba, sapi), hati, sayuran hijau (bayam, kangkung), kacang-kacangan, dan saat ini juga tersedia dalam bentuk kapsul yang dijual di apotek. Asupan zat besi yang dibutuhkan pria dan wanita masing - masing 8 mg dan 18 mg per hari.
  6. Zat Seng (Zinc). Zat seng dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria. Zat seng biasanya terdapat pada kepiting, kerang, daging merah, kuning telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dll. Asupan zat seng yang dibutuhkan 15 mikrogram per hari.
  7. Kalsium. Untuk mempersiapkan kehamilan anda memerlukan cadangan kalsium yang cukup. kalsium dapat meningkatkan pH tubuh yang menguntungkan bagi sperma dalam membuahi sel telur. Sumber kalsium terbaik yaitu susu, sayuran hijau, daging, dll. 1 gelas susu segar mengandung 800 mg kalsium. bagi wanita yang ingin menambah kesuburannya dapat mengkonsumsi 1000 mg kalsium per hari.

2 komentar:

Anonim at: 23 Mei 2011 pukul 06.48 mengatakan...

makasih tips nya mbak. pengen nyoba nih.

{ Khomsa K Maqsuroh } at: 12 September 2011 pukul 08.20 mengatakan...

selamat mencoba sis, semoga segera dikaruniai keturunan. aamiin :)

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

About Me

Foto Saya
Khomsa K Maqsuroh
Saya wanita biasa yang masih sangat fakir dalam berilmu.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

© 2010 Catatan Osha Meishin Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls